Manajemen Project

PROJECT SCREENING SELECTION 

Project Screening adalah suatu proses untuk melihat proyek, yang dimana prioritas setiap gagasan proyek akan dinilai dari berbagai perspektif. pada tahapan ini proyek hanya sebatas saran dan ide untuk memperbaiki masalah atau meningkatkan kinerja. proses ini juga akan menyaring proyek yang bermutu dan menggunakan effort yang terjangkau oleh organisasi.

Project Screening bertujuan untuk mengetahui resiko-resiko yang ada didalamnya, selain itu juga untuk mengetahui keuntungan yang didapat, seperti :

  • Diharapkan adanya ROI
  • Payback Period
  • Potential Market Share
  • Long-term market dominance

EVALUASI PROYEK

Evaluasi Projek adalah merupakan pengkajian suatu usulan proyek atau bisnis untuk menentukan apakah dapat dilaksanakan atau tidak dengan berdasarkan aspek kajian. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah suatu proyek dapat dilaksanakan dengan berhasil, sehingga dapat menghindari kesalahan investasi modal untuk kegiatan yang ternysta tidak menguntungkan.

Ada beberapa tahapan dalam evaluasai, antaralain :

  1.  Tahap Penentuan Ide
  2.  TahapnPenelitian
  3.  Tahap Evaluasi Kelayakan
  4.  Tahap Pengurutan Usulan yang Layak
  5.  Tahap Rencana Pelaksanaan
  6.  Tahap Pelaksanaan

CHEKLIST AND SCORING MODELS

Cheklist Model adalah model pemilihan proyek berdasarkan daftar kriteria yang berhubungan dengan pilihan proyek.

Scoring Model adalah model pemilihan proyek yang memberikan peringkat pada setiap keriteria pembangunan proyek sesuai dengan kepentingannya.

POHON KEPUTUSAN 

Pohon Keputusan adalah model prediksi menggunakan struktur berhirarki. Pohin keputusan adalah salah satu metode klasifikasi yang paling populer karena mudah untuk di intepretasi.

Ada beberapa tujuan pohon keputusan diantaranya adalah :

  1. Memahami kasus dan seluruh aspek yang terkait
  2. Menggambarkan kerangka berfikir yang sistematis
  3. Menggambarkan struktur pengambilan keputusan yang dilakukan decision meker termasuk seluruh kemungkinan keputusan dan outcome